Pemetaan KI KD K13 SD/MI Kelas 3 Semester 2

Pemetaan KI KD K13 SD/MI Kelas 3 Semester 2

Pemetaan KI KD K13 SD/MI Kelas 3 Semester 2 - Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum 2013 kelas 3 Revisi Terbaru 2018 merupakan salah satu unsur yang sangat penting yang terdapat pada kurikulum 2013 tahun pelajaran 2018/2019, Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang harus dimiliki seorang peserta didik/ siswa pada setiap tingkat kelas dan pada jenjang SD/MI dan sederajat.
Pemetaan KI KD K13 SD/MI Kelas 3 Semester 2
Pemetaan KI KD K13 SD/MI Kelas 3 Semester 2
Pemetaan Kompetensi Dasar KD KI-3 dan KI-4 SD/MI kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018 ini disusun dengan berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Permendikbud RI) Nomor 24 Tahun 2016 yang membahas tentang Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum 2013 pada jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah yang meliputi SD/MI, SMA/MA, SMK/MAK.

Maksud dari disusunnya Pemetaan KD KI-3 dan KI-4 Kelas 3 SD/MI Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018 yaitu KI-3 (Pengetahuan) dan KI-4 (Keterampilan), selain itu juga untuk memudahkan guru/pendidik dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada setiap tahun pelajaran.

Kegiatan pemetaan ini dilakukan untuk memperoleh gambaran secara menyeluruh dan utuh semua standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator dari berbagai mata pelajaran yang dipadukan dalam tema yang dipilih.

Dalam melakukan pemetaan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu sebagai berikut :

Mempelajari kompetensi inti dan kompetensi dasar yang terdapat dalam masing-masing mata pelajaran, dilanjutkan dengan mengidentifikasi kompetensi dasar dari beberapa mata pelajaran yang dapat dipadukan. Setelah itu melakukan penetapan tema pemersatu.

Contoh format pemetaan cara pertama adalah menjabarkan kompetensi inti dan kompetensi dasar ke dalam indicator, melakukan kegiatan penjabaran kompetensi inti dan kompetensi dasar dari setiap mata pelajaran ke dalam indicator. Dalam mengembangkan indicator perlu  memperhatikan hal-hal sebagai berikut;
a. Indicator dikembangkan sesuia dengan karakteristik peserta didik.
b. Indicator dikembangkan sesuia dengan karakteristik mata pelajaran.
c. Dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan dapat diamati.

Dari pemetaan tersebut, maka akan memudahkan dalam meyusun, silabus, program semester, program tahunan dan lainnya.
Untuk lebih jelas secara lengkap bagi bapak dan ibu Guru/pendidik dijenjang SD/MI Kelas 3 yang belum memiliki Pemetaan KD KI-3 & KI-4 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi terbaru 2018 dapat mendownloadnya melalui tautan link yang saya siapkan di bawah ini:
Pemetaan KD Kelas 3 Tema 5-6-7-8.xlsx 
Pemetaan KI-KD B.Indonesia Kelas 3 Semester 2 Revisi 2018.docx 
Pemetaan KI-KD Matematika Kelas 3 Semester 2 Revisi 2018.docx 
Pemetaan KI-KD PJOK Kelas 3 Semester 2 Revisi 2018.docx 
Pemetaan KI-KD PPKn Kelas 3 Semester 2 Revisi 2018.docx 
Pemetaan KI-KD SBDP Kelas 3 Semester 2 Revisi 2018.docx
Demikian ulasan singkat tentang materi Pemetaan KI KD K13 SD/MI Kelas 3 Semester 2 yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat. Mohon maaf apabila terdapat kekurangan kami dalam menjelaskan materi disetiap blog yang kami kelola, karena sifat kami masih serba terbatas.

Subscribe to receive free email updates: