Free Download Silabus K13 Kelas 3 Semester 2 Revisi Terbaru

Free Download Silabus K13 Kelas 3 Semester 2 Revisi Terbaru

Free Download Silabus K13 Kelas 3 Semester 2 Revisi Terbaru - Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.
Free Download Silabus K13 Kelas 3 Semester 2 Revisi Terbaru
Free Download Silabus K13 Kelas 3 Semester 2 Revisi Terbaru

Fungsi Pengembangan Silabus

Pengembangan silabus ditujukan kepada guru dan kelompok guru mata pelajaran di sekolah/madrasah, musyawarah guru mata pelajaran, dan dinas pendidikan. Sejalan dengan itu maka tujuan pengembangan silabus adalah membantu guru dan tenaga kependidikan lainnya  dalam menjabarkan Kompetensi Dasar (KD) menjadi perencanaan pembelajaran yang akan dicapai.

Fungsi pengembangan silabus secara umum adalah:

  1. Sebagai pedoman dalam pengembangan pembelajaran, seperti (1) pembuatan rencana pengelolaan pembelajaran baik secara klasikal, kelompok kecil maupun pembelajaran secara individual; (2) penyusunanmateri ajar; (3) pengembangan sistem penilaian dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis kompetensi, yaitu sistem penilaian yang selalu mengacu kepada Strandar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan indikator pembelajaran yang terdapat di dalam silabus.
  2. Dalam hal ini silabus merupakan sumber pokok  dalam penyusunan rencana pembelajaran, baik rencana pembelajaran untuk satu Standar Kompetensi maupun satu Kom petensi Dasar (Abdul Majid, 2009: 40).
  3. Hasil pengembangan silabus dalam bentuk perangkat pembelajaran berfungsi sebagai alat untuk aktualisasi kurikulum secara operasional pada tingkat satuan pendidikan, sehingga memudahkan guru dalam melakukan tugas pembelajaran.

Pengembangan silabus  dapat dilakukan oleh para guru secara mandiri atau berkelompok dalam sebuah sekolah atau beberapa sekolah, kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) pada atau Pusat Kegiatan Guru (PKG), dan Dinas Pendidikan.

  1. Disusun secara mandiri oleh guru apabila guru yang bersangkutan mampu mengenali karakteristik siswa, kondisi sekolah dan lingkungannya.
  2. Apabila guru mata pelajaran karena sesuatu hal belum dapat melaksanakan pengembangan silabus secara mandiri, maka pihak sekolah dapat mengusahakan untuk membentuk kelompok guru mata pelajaran untuk mengembangkan silabus yang akan digunakan oleh sekolah tersebut.
  3. Di SD/MI semua guru kelas, dari kelas I sampai dengan kelas VI, menyusun silabus secara bersama. Di SMP/MTs untuk mata pelajaran IPA dan IPS terpadu disusun secara bersama oleh guru yang terkait.
  4. Sekolah yang belum mampu mengembangkan silabus secara mandiri, sebaiknya bergabung dengan sekolah-sekolah lain melalui forum MGMP/PKG untuk bersama-sama mengembangkan silabus yang akan digunakan oleh sekolah-sekolah dalam lingkup MGMP/PKG setempat.
  5. Dinas Pendidikan setempat dapat memfasilitasi penyusunan silabus dengan membentuk sebuah tim yang terdiri dari para guru berpengalaman di bidangnya masing-masing.

Download pula:
Buku Rangkuman Materi Kelas 3 Tema 8 Kurikulum 2013
Aplikasi KKM dan Daftar Administrasi K13 Kelas 3 Semester 2
RPP Kelas 3 SD/MI Tema 5 K13 Edisi Revisi 2018
RPP Kelas 3 SD/MI Tema 6 K13 Tahun 2018-2019
RPP Kelas 3 SD/MI Tema 7 K13 Edisi Revisi 2018
RPP Kelas 3 SD/MI Tema 8 K13 Edisi Revisi 2018-2019
Dengan adanya sebuah rancangan yang matang, maka dalam pelaksanaan pembelajaran guru akan lebih terarah dalam penyajian materi ajar atau pengalaman-pengalaman belajar, sehingga dapat menumbuhkan minat dan motivasi belajar peserta didik.
Demikian ulasan singkat materi tentang Free Download Silabus K13 Kelas 3 Semester 2 Revisi Terbaru semoga bermanfaat. Mohon maaf atas segala kekurangan kami dalam menjelaskan materi di sini.

Subscribe to receive free email updates: