Unduh Panduan Pedoman Prasarana PAUD
Unduh Panduan Pedoman Prasarana PAUD
Unduh Panduan Pedoman Prasarana PAUD - Usia dini (0-6 tahun) merupakan masa yang sangat penting dan berpengaruh terhadap seluruh tahapan perkembangan seorang manusia. Masa ini sering disebut dengan usia emas atau golden age karena di periode ini potensi kecerdasan anak berkembang lebih pesat dibanding periode selanjutnya. Oleh karena itu, anak-anak usia dini sangat membutuhkan layanan pendidikan agar proses tumbuh kembang berbagai potensi yang dimilikinya dapat berkembang secara optimal.
Prasarana pendidikan anak usia dini adalah segala macam alat, perlengkapan, atau benda-benda yang mendukung penyelenggaraan kegiatan pendidikan, pengasuhan, dan perlindungan anak usia dini secara optimal.
1. Aman
2. Nyaman
3. Memenuhi kriteria kesehatan bagi anak
4. Sesuai dengan tahap perkembangan anak
5. Memanfaatkan potensi dan sumber daya yang ada di lingkungan sekitar
Fungsi Prasarana PAUD
1. Melengkapi lingkungan main dengan prasarana yang tepat untuk anak :
2. Mendukung kelancaran proses belajar anak di lembaga PAUD
3. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan PAUD dengan penempatan prasarana yang tepat
4. Mengembangkan karakter positif pada anak
Manfaat Prasarana PAUD
1. Menumbuhkan rasa aman dan nyaman
2. Memotivasi anak dalam kegiatan pembelajaran
3. Terselenggarakannya layanan PAUD dengan baik
4. Proses pembelajaran PAUD menjadi lebih optimal
Kebutuhan Anak sebagai Dasar Rancangan Prasarana
Pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini yang optimal dapat dicapai bila prasarana dirancang dengan memperhatikan kebutuhan anak :
1. Keleluasaan anak dalam melakukan aktifitas.
Anak usia dini sangat aktif, sehingga diperlukan lingkungan yang memberikan kesempatan kepada anak untuk bergerak dengan leluasa. Oleh karena itu, sangat penting bagi pendidik untuk menyediakan dan menata prasarana yang memberikan stimulasi atau rangsangan motorik pada anak.
2. Kenyamanan anak dalam menggunakan prasarana.
Anak akan merasa leluasa bereksplorasi dalam lingkungan jika anak merasa nyaman. Oleh karena itu, pendidik perlu merencanakan penataan prasarana yang menumbuhkan minat anak dalam belajar.
3. Tingkat kemampuan anak dalam menggunakan prasarana.
Setiap anak adalah unik dan memiliki tahapan perkembangan kemampuan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pendidik perlu memahami dan memperhatikan tingkat kesulitan anak dalam memanfaatkan prasarana agar anak menggunakan prasarana secara mandiri.
4. Tingkat kepekaan anak dalam menggunakan prasarana.
Anak usia dini perlu dilatih kepekaan dirinya dengan lingkungan. Oleh karena itu, pendidik perlu memberikan berbagai pengalaman yang meningkatkan kepekaan diri terhadap reaksi tubuh saat menggunakan prasarana, misalnya ketika anak berjalan di atas lantai yang agak licin dan kehilangan keseimbangan sehingga perlu berpegangan pada dinding untuk mengembalikan keseimbangan tubuhnya.
Prasarana Utama
Prasarana utama layanan PAUD merupakan prasarana pokok yang harus dimiliki oleh setiap jenis layanan PAUD, yaitu :
a. Memiliki area kegiatan/bermain baik di dalam maupun di luar ruangan yang dapat mengembangkan berbagai konsep pengetahuan.
b. Ruang pendidik; Berfungsi sebagai tempat berkumpulnya para pendidik untuk bertukar pikiran dalam rangka menyusun dan mengevaluasi program pembelajaran, serta meningkatkan mutu internal pendidik bersama teman sejawat.
c. Ruang Adiminstrasi/Ruang Pimpinan/Kepala Sekolah/Pengelola; Berfungsi sebagai tempat untuk melakukan kegiatan pengelolaan administrasi kelembagaan serta sebagai ruang pertemuan yang dilakukan dengan berbagai unsur misalnya tamu dari dinas terkait, komite sekolah, pendidik dan lainnya
d. Ruang Pemeriksaan Kesehatan (UKS); Berfungsi sebagai tempat penanganan dini bagi anak atau tenaga pendidik/kependidikan yang mengalami permasalahan kesehatan.
e. Kamar mandi anak dan dewasa; Berfungsi untuk membersihkan diri (mencuci tangan/kaki, BAK, BAB). Pintu kamar mandi sebaiknya tidak mudah terkunci.
f. Meubel; Berfungsi sebagai perlengkapan di dalam dan di luar ruang belajar seperti; meja, kursi, lemari, loker, tempat hasil karya, dan lain-lain untuk mempermudah keberlangsungan aktivitas pembelajaran. Jumlah meubel yang disediakan disesuaikan dengan kebutuhan lembaga.
Unduh Panduan Pedoman Prasarana PAUD |
Download juga: Panduan Pedoman Sarana PAUDPenyediaan prasarana PAUD perlu disesuaikan dengan jumlah anak, kondisi sosial, budaya, dan jenis layanan PAUD dengan prinsip :
1. Aman
2. Nyaman
3. Memenuhi kriteria kesehatan bagi anak
4. Sesuai dengan tahap perkembangan anak
5. Memanfaatkan potensi dan sumber daya yang ada di lingkungan sekitar
Fungsi Prasarana PAUD
1. Melengkapi lingkungan main dengan prasarana yang tepat untuk anak :
2. Mendukung kelancaran proses belajar anak di lembaga PAUD
3. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan PAUD dengan penempatan prasarana yang tepat
4. Mengembangkan karakter positif pada anak
Manfaat Prasarana PAUD
1. Menumbuhkan rasa aman dan nyaman
2. Memotivasi anak dalam kegiatan pembelajaran
3. Terselenggarakannya layanan PAUD dengan baik
4. Proses pembelajaran PAUD menjadi lebih optimal
Kebutuhan Anak sebagai Dasar Rancangan Prasarana
Pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini yang optimal dapat dicapai bila prasarana dirancang dengan memperhatikan kebutuhan anak :
1. Keleluasaan anak dalam melakukan aktifitas.
Anak usia dini sangat aktif, sehingga diperlukan lingkungan yang memberikan kesempatan kepada anak untuk bergerak dengan leluasa. Oleh karena itu, sangat penting bagi pendidik untuk menyediakan dan menata prasarana yang memberikan stimulasi atau rangsangan motorik pada anak.
2. Kenyamanan anak dalam menggunakan prasarana.
Anak akan merasa leluasa bereksplorasi dalam lingkungan jika anak merasa nyaman. Oleh karena itu, pendidik perlu merencanakan penataan prasarana yang menumbuhkan minat anak dalam belajar.
3. Tingkat kemampuan anak dalam menggunakan prasarana.
Setiap anak adalah unik dan memiliki tahapan perkembangan kemampuan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pendidik perlu memahami dan memperhatikan tingkat kesulitan anak dalam memanfaatkan prasarana agar anak menggunakan prasarana secara mandiri.
4. Tingkat kepekaan anak dalam menggunakan prasarana.
Anak usia dini perlu dilatih kepekaan dirinya dengan lingkungan. Oleh karena itu, pendidik perlu memberikan berbagai pengalaman yang meningkatkan kepekaan diri terhadap reaksi tubuh saat menggunakan prasarana, misalnya ketika anak berjalan di atas lantai yang agak licin dan kehilangan keseimbangan sehingga perlu berpegangan pada dinding untuk mengembalikan keseimbangan tubuhnya.
Download juga: Buku Pedoman SOP PAUD TerbaruPrasarana Layanan PAUD
Prasarana Utama
Prasarana utama layanan PAUD merupakan prasarana pokok yang harus dimiliki oleh setiap jenis layanan PAUD, yaitu :
a. Memiliki area kegiatan/bermain baik di dalam maupun di luar ruangan yang dapat mengembangkan berbagai konsep pengetahuan.
b. Ruang pendidik; Berfungsi sebagai tempat berkumpulnya para pendidik untuk bertukar pikiran dalam rangka menyusun dan mengevaluasi program pembelajaran, serta meningkatkan mutu internal pendidik bersama teman sejawat.
c. Ruang Adiminstrasi/Ruang Pimpinan/Kepala Sekolah/Pengelola; Berfungsi sebagai tempat untuk melakukan kegiatan pengelolaan administrasi kelembagaan serta sebagai ruang pertemuan yang dilakukan dengan berbagai unsur misalnya tamu dari dinas terkait, komite sekolah, pendidik dan lainnya
d. Ruang Pemeriksaan Kesehatan (UKS); Berfungsi sebagai tempat penanganan dini bagi anak atau tenaga pendidik/kependidikan yang mengalami permasalahan kesehatan.
e. Kamar mandi anak dan dewasa; Berfungsi untuk membersihkan diri (mencuci tangan/kaki, BAK, BAB). Pintu kamar mandi sebaiknya tidak mudah terkunci.
f. Meubel; Berfungsi sebagai perlengkapan di dalam dan di luar ruang belajar seperti; meja, kursi, lemari, loker, tempat hasil karya, dan lain-lain untuk mempermudah keberlangsungan aktivitas pembelajaran. Jumlah meubel yang disediakan disesuaikan dengan kebutuhan lembaga.
Demikian ulasan singkat materi tentang Panduan Pedoman Prasarana PAUD semoga bermanfaat