RPP Kelas 2 SD/MI Tema 3 K-2013 Revisi Terbaru

RPP Kelas 2 SD/MI Tema 3 K-2013 Revisi Terbaru

RPP Kelas 2 SD/MI Tema 3 K-2013 Revisi Terbaru - RPP Kurikulum 2013 berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor  22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses, dan Permendikbud Nomor103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan  Pendidikan Menengah.
RPP Kelas 2 SD/MI Tema 3 K-2013 Revisi Terbaru
RPP Kelas 2 SD/MI Tema 3 K-2013 Revisi Terbaru
Prinsip-prinsip penyusunan RPP sesuai dengan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses sebagai berikut:

  1. Perbedaan individual peserta didik.
  2. Partisipasi aktif peserta didik.
  3. Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.
  4. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
  5. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
  6. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
  7. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
  8. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

Sedangkan Komponen RPP berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, adalah sebagai berikut:

  1. Identitas Sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
  2. Identitas Mata Pelajaran atau tema/subtema;
  3. Kelas/Semester;
  4. Materi Pokok;
  5. Alokasi Waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
  6. Tujuan Pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan; (Catatan: walaupun tujuan pembelajaran disebutkan sebelum KD dan IPK, namun secara substansial tujuan pembelajaran merupakan penjabaran rinci dari indikator pencapaian kompetensi sehingga secara hirarki dituliskan setelah KD dan IPK)
  7. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi;
  8. Materi Pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
  9. Metode Pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
  10. Media Pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
  11. Sumber Belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
  12. Langkah-langkah Pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
  13. Penilaian Hasil Pembelajaran.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat harus muncul empat macam hal yaitu PPK, Literasi, 4C, dan HOTS maka perlu kreatifitas guru dalam meramunya.

Perbaikan atau revisinya kurikulum 2013 adalah :

  1. Mengintergrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.
  2. Mengintegrasikan literasi;
  3. Mengintegrasikan keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative);
  4. Mengintegrasikan HOTS (Higher Order Thinking Skill.

Jangan dilupakan bahwa gerakan PPK perlu mengintegrasikan, memperdalam, memperluas, dan sekaligus menyelaraskan berbagai program dan kegiatan pendidikan karakter yang sudah dilaksanakan sampai sekarang.
Pengintegrasian dapat berupa :

  • pemaduan kegiatan kelas, luar kelas di sekolah, dan luar sekolah (masyarakat/komunitas);
  • pemaduan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler;
  • pelibatan secara serempak warga sekolah, keluarga, dan masyarakat;

Perdalaman dan perluasan dapat berupa:

  1. penambahan dan pengintensifan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada pengembangan karakter siswa,
  2. penambahan dan penajaman kegiatan belajar siswa, dan pengaturan ulang waktu belajar siswa di sekolah atau luar sekolah;
  3. penyelerasan dapat berupa penyesuaian tugas pokok guru, Manajemen Berbasis Sekolah, dan fungsi Komite Sekolah dengan kebutuhan Gerakan PPK.

Pengertian Literasi dalam konteks Gerakan Literasi Sekolah adalah kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik.

Literasi lebih dari sekadar membaca dan menulis, namun mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori. Literasi dapat dijabarkan menjadi Literasi Dasar (Basic Literacy), Literasi Perpustakaan (Library Literacy), Literasi Media (Media Literacy), Literasi Teknologi (Technology Literacy), Literasi Visual (Visual Literacy).

Keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation). Inilah yang sesungguhnya ingin kita tuju dengan Kurikulum 2013, bukan sekadar transfer materi. Tetapi pembentukan 4C.  Beberapa pakar menjelaskan pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di Abad 21, abad di mana dunia berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. Penguasaan keterampilan abad 21 sangat penting, 4 C adalah  jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar pengusaan hardskill.

Higher Order of Thinking Skill (HOTS) adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya sampai metakognitif yang mensyaratkan peserta didik mampu untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan.

Baca juga:
RPP Kelas 2 SD/MI Tema 1 K-2013 Revisi Terbaru
RPP Kelas 2 SD/MI Tema 2 K-2013 Revisi Terbaru
Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; evaluasi merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan berdasarkan fakta/informasi; dan mengkreasi merupakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.

RPP Kelas 2 SD/MI Tema 3 Subtema 1 K-2013 Pembelajaran 1 sampai 6 Edisi Terbaru:
RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 1 Pb 1 Tugasku Sehari- hari.doc
RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 1 Pb 2 Tugasku Sehari- hari.doc
RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 1 Pb 3 Tugasku Sehari- hari.doc
RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 1 Pb 4 Tugasku Sehari- hari.doc
RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 1 Pb 5 Tugasku Sehari- hari.doc
RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 1 Pb 6 Tugasku Sehari- hari.doc
RPP Kelas 2 SD/MI Tema 3 Subtema 2 K-2013 Pembelajaran 1 sampai 6 Edisi Terbaru:
RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 2 Pb 1 Tugasku Sehari-Hari di Sekolah.docx
RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 2 Pb 2 Tugasku Sehari-Hari di Sekolah.docx
RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 2 Pb 3 Tugasku Sehari-Hari di Sekolah.docx
RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 2 Pb 4 Tugasku Sehari-Hari di Sekolah.docx
RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 2 Pb 5 Tugasku Sehari-Hari di Sekolah.docx
RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 2 Pb 6 Tugasku Sehari-Hari di Sekolah.docx
RPP Kelas 2 SD/MI Tema 3 Subtema 3 K-2013 Pembelajaran 1 sampai 6 Edisi Terbaru:
RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 3 Pb 1 Tugasku Sebagai Umat Beragama.docx
RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 3 Pb 2 Tugasku Sebagai Umat Beragama.docx
RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 3 Pb 3 Tugasku Sebagai Umat Beragama.docx
RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 3 Pb 4 Tugasku Sebagai Umat Beragama.docx
RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 3 Pb 5 Tugasku Sebagai Umat Beragama.docx
RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 3 Pb 6 Tugasku Sebagai Umat Beragama.docx
RPP Kelas 2 SD/MI Tema 3 Subtema 4 K-2013 Pembelajaran 1 sampai 6 Edisi Terbaru:
RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 4 Pb 1 Tugasku Dalam Kehidupan Sehari-hari.docx
RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 4 Pb 2 Tugasku Dalam Kehidupan Sehari-hari.docx
RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 4 Pb 3 Tugasku Dalam Kehidupan Sehari-hari.docx
RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 4 Pb 4 Tugasku Dalam Kehidupan Sehari-hari.docx
RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 4 Pb 5 Tugasku Dalam Kehidupan Sehari-hari.docx
RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 4 Pb 6 Tugasku Dalam Kehidupan Sehari-hari.docx
Maka tidak mungkin lagi menggunakan model/metode/strategi/pendekatan yang berpusat kepada guru, namun kita perlu mengaktifkan siswa dalam pembelajaran (Active Learning). Khusus materi RPP Kelas 2 SD/MI Tema 3 K-2013 Revisi Terbaru untuk PPK merupakan program yang rencananya akan disesuaikan dengan 5 hari belajar atau 8 jam sehari sedangkan untuk 2 hari merupakan pendidikan keluarga.

Subscribe to receive free email updates: