Download Buku Guru dan Buku Siswa Kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017

Download Buku Guru dan Buku Siswa Kelas 4 SD/MI Kurikulum 2017 Revisi 2017

Download Buku Guru dan Buku Siswa Kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 - Buku Guru Kurikulum 2013 ini sebagai buku aktivitas siswa yang masih membutuhkan buku-buku penunjang guna memperkaya wawasan dan keterampilan peserta didik. Jika perlu, bisa saja guru memanfaatkan buku-buku KTSP yang sudah dimiliki sekolah sebagai penunjang, mengingat buku-buku tersebut memang didesain sebagai buku teks yang sarat materi. Guru maupun peserta didik juga dapat memanfaatkan bahan-bahan belajar lainnya yang relevan, termasuk ensiklopedia, berbagai buku yang membahas topik terkait pembelajaran, majalah, surat kabar, dan sebagainya.
Download Buku Guru dan Buku Siswa Kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
Download Buku Guru dan Buku Siswa Kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017

Kurikulum 2013 senantiasa mengalami perkembangan dan perbaikan. Termasuk dengan buku yang digunakan sebagai pegangan siswa (Buku Siswa) maupun guru (Buku Guru). Ada perubahan edisi Tahun 2014, Revisi Tahun 2006 dan terakhir, telah diterbitkannya pula Buku Kurtilas edisi revisi 2017. Perbaikan yang terakhir ini terkait dengan regulasi baru berkenaan dengan Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar proses, Kompetensi Inti, dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013.

Buku guru Kurikulum 2013 ini dibuat dengan berlandaskan pada Kompetensi Dasar yang telah disusun oleh Kemendikbud. Demikian pula, buku ini telah melalui proses review, evaluasi, penyuntingan, dan mendapatkan catatan serta saran-saran perbaikan yang dilakukan oleh penelaah maupun tim editor di bawah pengawasan Kemendikbud.

Materi Buku Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017 untuk Kelas 4 SD/MI Semester Ganjil dan Genap ini, terdiri atas dua buku yaitu Buku Siswa dan Buku Guru. Untuk materi semester Ganjil terdiri dari; Tema 1.Indahnya Kebersamaan, Tema 2 Selalu Berhemat Energi, Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup, Tema 4 Berbagai Pekerjaan, Tema 5 Pahlawanku, sedangkan untuk materi semester Genap terdiri dari; Tema 6 Cita-Citaku, Tema 7 Indahnya Keragaman Negeriku, Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku, dan Tema 9 Kayanya Negeriku sehingga terdiri dari tema 1 sampai tema 9.

Buku Guru Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017 dan selengkapnya dapat download di sini


Buku Siswa Kurikulum 2013 ini dipergunakan sebagai panduan aktivitas pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam menguasai kompetensi tertentu. Buku ini juga digunakan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran (activities based learning) di mana isinya dirancang dan dilengkapi dengan contoh-contoh lembar kegiatan agar siswa dapat mempelajari sesuatu yang relevan dengan kehidupan yang dialaminya.

Buku Siswa diarahkan agar siswa lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran melalui kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, berdiskusi serta meningkatkan kemampuan berkomunikasi baik antarteman maupun dengan gurunya. Guru  dapat mengembangkan atau memperkaya materi dan kegiatan lain yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Di bawah ini dijelaskan peran dan fungsi Buku Siswa yang dapat dirinci sebagai berikut.

a. Panduan bagi Siswa dalam Melaksanakan Kegiatan-Kegiatan Pembelajaran

Setiap subtema pada masing-masing buku memiliki beberapa pembelajaran sesuai dengan tema. Untuk berbagai kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa dibuat ikon-ikon yang melambangkannya, misalnya

b. Penghubung antara  Guru, Sekolah, dan Orang Tua

Pada setiap akhir pembelajaran ada bagian yang membutuhkan keterlibatan orang tua untuk membimbing anak dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Bagian ini bisa dilihat pada Buku Siswa dengan ikon tulisan“Kerjasama dengan Orang Tua”. Diharapkan  orang tua  berperan aktif mendukung siswa dalam meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran yang dilakukan di sekolah.

c. Lembar Kerja Siswa

Buku Siswa dapat berfungsi sebagai lembar kerja siswa, misalnya pada Buku Siswa terdapat kegiatan menulis maka siswa dapat mengerjakan langsung pada Buku Siswa.

d. Penilaian dan Portofolio

Di dalam Buku Siswa terdapat halaman-halaman berisi format yang dapat digunakan sebagai lembar kerja untuk dihimpun sebagai bahan portofolio yang dapat dijadikan sumber penilaian hasil pembelajaran.

e. Media Komunikasi antara Guru dan Siswa

Melalui proses pembelajaran dengan menggunakan Buku Siswa, guru dapat mengenal siswa lebih baik melalui pengamatan terhadap hasil kerja siswa yang telah dirancang sedemikian rupa dalam setiap pembelajaran. Guru dapat melihat perkembangan pengetahuan, keterampilan dan sikap siswa sesuai dengan kompetensi pembelajaran yang telah ditetapkan.

f. Sebagai Kenang-kenangan Rekam Jejak Belajar Siswa

Semua hasil pekerjaan yang dilakukan siswa selama mengikuti proses pembelajaran akan tertuang dalam Buku Siswa sehingga guru dan orang tua dapat melihat jejak belajar dan perkembangan kompetensi selama mengikuti proses pembelajaran pada masing-masing jenjang. Bagi siswa semua rekam jejak belajar tersebut berguna sebagai kenang-kenangan di kemudian hari.

g. Sebagai alat/instrumen pembantu bagi siswa dalam melakukan kegiatan refleksi diri terhadap kegiatan pembelajaran harian yang telah dilakukan.

Buku Siswa Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017 dan selengkapnya dapat download di sini


Semoga dengan link Download Buku Guru dan Buku Siswa Kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini semakin mempermudah rekan-rekan guru di Madrasah Ibtidaiyah guna mempersiapkan diri melaksanakan Kurikulum 2013 di madrasah masing-masing.

Subscribe to receive free email updates: