KSP PAUD,TK,SD,SMP,SMA Versi Deep Learning

KSP PAUD,TK,SD,SMP,SMA Versi Deep Learning

Kurikulum Satuan Pendidikan merupakan dokumen untuk membantu satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulumnya. Kurikulum satuan pendidikan dikembangkan dan dikelola dengan mengacu kepada standar dan kurikulum yang ditetapkan oleh pemerintah serta menyelaraskannya dengan karakteristik dan kebutuhan murid, satuan pendidikan, serta daerah.

KSP PAUD,TK,SD,SMP,SMA Versi Deep Learning

KSP PAUD,TK,SD,SMP,SMA Versi Deep Learning

KOSP adalah singkatan dari Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan. KOSP merupakan dokumen yang berisi rencana proses belajar di satuan pendidikan. KOSP menjadi pedoman dalam penyelenggaraan pembelajaran. KOSP disusun berdasarkan struktur kurikulum dan standar yang ditetapkan pemerintah. KOSP juga disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik, satuan pendidikan, dan daerah. 

KOSP merupakan aset penting dalam implementasi kurikulum merdeka. KOSP setiap sekolah berbeda karena kondisi dan karakteristik masing-masing sekolah tidak sama. Dalam mengembangkan KOSP, perlu memperhatikan beberapa prinsip, antara lain: Berpusat pada peserta didik, Kontekstual, Esensial, Akuntabel, Melibatkan berbagai pemangku kepentingan. 

Fungsi Kurikulum Satuan Pendidikan

Kurikulum Satuan Pendidikan merupakan dokumen hidup (living document) yang membantu satuan pendidikan untuk menyelenggarakan pendidikan berkualitas yang terwujud melalui proses analisis, refleksi, dan evaluasi berbasis data yang telah dijalankan secara sistematis dan terstruktur, yang berfungsi:

  1. Memunculkan kemandirian dan mengembangkan kompetensi kepala satuan pendidikan, pendidik, dan tenaga kependidikan untuk mengorganisasi dan merencanakan pembelajaran dengan lebih efektif dan efisien sesuai dengan kondisi dari satuan pendidikan untuk mencapai tujuannya. 
  2. Membantu kepala satuan pendidikan melakukan diversifikasi kurikulum berdasarkan hasil identifikasi potensi dan karakteristik daerah, satuan pendidikan, dan murid. Diversifikasi ini diharapkan dapat memperkuat ciri khas satuan pendidikan dan membantu untuk mencapai visi, misi, dan tujuannya. 
  3. Memunculkan rasa kepemilikan dan kolaborasi dalam menyukseskan pelaksanaan kurikulumnya menuju pendidikan yang berkualitas melalui proses keterlibatan berbagai pemangku kepentingan.

1. Pengertian KOSP

Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) adalah dokumen panduan yang memberikan fleksibilitas bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum operasionalnya berdasarkan karakteristik dan kebutuhan peserta didik, serta kondisi sosial budaya setempat. KOSP disusun dengan mengacu pada Kurikulum Merdeka, yang memberikan kebebasan bagi sekolah untuk merancang pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pendidikan masing-masing.

2.Tujuan KOSP

KOSP bertujuan untuk:

  1. Memberikan pedoman bagi sekolah dalam menyusun kurikulum operasionalnya.
  2. Memastikan bahwa kurikulum yang diterapkan sesuai dengan prinsip diferensiasi dan kebutuhan peserta didik.
  3. Meningkatkan efektivitas pembelajaran melalui perencanaan yang sistematis dan berbasis pada profil pelajar Pancasila.
  4. Mendorong partisipasi guru, tenaga kependidikan, siswa, orang tua, dan masyarakat dalam proses pendidikan.

3. Komponen KOSP

KOSP terdiri dari beberapa komponen utama yang mencerminkan fleksibilitas dan otonomi sekolah dalam menyusun kurikulum mereka. Berikut adalah komponen-komponen utama dalam KOSP:

1.Karakteristik Satuan Pendidikan: Visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan; Gambaran umum kondisi sekolah, termasuk latar belakang sosial budaya, sarana dan prasarana, serta karakteristik peserta didik.

2.Pengorganisasian Pembelajaran: Struktur kurikulum yang mencakup muatan pembelajaran dan alokasi waktu; Pendekatan pembelajaran yang digunakan, seperti pembelajaran berbasis proyek atau berbasis kompetensi.

3.Capaian Pembelajaran: Mengacu pada dokumen capaian pembelajaran dari Kemendikbudristek, yang menjadi standar kompetensi yang harus dicapai siswa di setiap fase pendidikan.

4.Rencana Pembelajaran: Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang dikembangkan secara mandiri oleh guru atau kolaboratif di sekolah; Model pembelajaran yang fleksibel dan adaptif terhadap kebutuhan siswa.

5.Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran: Strategi asesmen formatif dan sumatif untuk mengukur kemajuan belajar siswa; Umpan balik bagi peserta didik dan strategi perbaikan pembelajaran berdasarkan hasil asesmen.

6.Pengelolaan Kurikulum: Pengelolaan waktu belajar dan jadwal pelajaran; Mekanisme pengembangan profesional guru dalam menerapkan kurikulum.

7.Dokumentasi dan Pengembangan Berkelanjutan: Pencatatan perubahan dan evaluasi berkelanjutan terhadap implementasi kurikulum di satuan pendidikan.

4. Prinsip Pengembangan KOSP

Dalam menyusun KOSP, satuan pendidikan perlu memperhatikan prinsip-prinsip berikut:

  • Berpusat pada Murid: Pembelajaran harus sesuai dengan kebutuhan, minat, dan bakat peserta didik.
  • Fleksibilitas dan Kontekstualisasi: Kurikulum harus disesuaikan dengan kondisi sekolah dan lingkungan setempat.
  • Berorientasi pada Profil Pelajar Pancasila: Menanamkan nilai-nilai karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.
  • Kolaboratif dan Partisipatif: Penyusunan KOSP melibatkan berbagai pemangku kepentingan, termasuk guru, orang tua, dan masyarakat.
  • Berbasis Data dan Evaluasi Berkelanjutan: Perbaikan kurikulum dilakukan berdasarkan hasil asesmen dan data perkembangan siswa.

5. Implementasi KOSP dalam Kurikulum Merdeka

Dalam Kurikulum Merdeka, KOSP menjadi panduan utama yang membantu sekolah mengembangkan pembelajaran yang lebih relevan dan bermakna. Sekolah memiliki kebebasan untuk:

  • Mengadaptasi dan menyesuaikan kurikulum sesuai dengan kebutuhan siswa.
  • Mengatur beban belajar berdasarkan fase perkembangan siswa.
  • Mengembangkan proyek-proyek pembelajaran yang bersifat eksploratif dan kontekstual.

Satuan pendidikan memiliki kebebasan untuk mengembangkan kurikulumnya dengan cara lain selama selaras dengan tujuan pendidikan nasional. Satuan pendidikan dapat melengkapi penyusunan dokumen kurikulum satuan pendidikan dengan menyertakan beberapa lampiran guna mendukung penjelasan komponen analisis satuan pendidikan, pengorganisasian dan perencanaan pembelajaran, serta evaluasi, pengembangan profesional, dan pendampingan.

Kesimpulan

KOSP adalah dokumen penting dalam Kurikulum Merdeka yang memungkinkan sekolah mengembangkan kurikulum operasionalnya secara mandiri dan fleksibel. Dengan prinsip yang menyesuaikan kebutuhan peserta didik dan kondisi satuan pendidikan, KOSP bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan memastikan bahwa pendidikan tetap relevan dengan perkembangan zaman serta kebutuhan lokal.

Dokumen lengkap materi KSP PAUD,TK,SD,SMP,SMA Versi Deep Learning dapat didownload pada menu di bawah ini:

Contoh KSP Model Deep Learning PAUD Download

Contoh KSP Model Deep Learning TK B Download

Contoh KSP Model Deep Learning SD     Download

Contoh KSP Model Deep Learning SMP Download

Contoh KSP Model Deep Learning SMA Download

Demikian ulasan singkat materi KSP PAUD,TK,SD,SMP,SMA Versi Deep Learning semoga bermanfaat, dan perlu diingat KOSP ini dibuat secara berbeda, sehingga perlu disesuaikan dengan situasi dan kondisi satuan pendidikannya.

Download materi lainnya:

Modul Ajar KKA Face C

Modul Ajar KKA Face D SMP

Modul Ajar KKA Face E SMA/SMK

Modul Ajar KKA Face F SMA/SMK

Modul Ajar Model Deep Learning PAUD/TK Semester 1

Modul Ajar Deep Learning SD/MI

Modul Ajar Kelas 1

Modul Ajar Kelas 2

Modul Ajar Kelas 3

Modul Ajar Kelas 4

Modul Ajar Kelas 5

Perangkat Ajar Deep Learning PAI Kelas 5

Modul Ajar Kelas 6

Perangkat Ajar Deep Learning PAI Kelas 6

Perangkat Ajar Deep Learning Kelas 7 SMP/MTs

Perangkat Ajar Deep Learning IPS Kelas 7

Perangkat Ajar Deep Learning IPA Kelas 7

Perangkat Ajar Deep Learning BK Kelas 7

Perangkat Ajar Deep Learning PJOK Kelas 7

Perangkat Ajar Deep Learning BI Kelas 7

Perangkat Ajar Deep Learning MTK Kelas 7

Perangkat Ajar Deep Learning B. ING Kelas 7

Perangkat Ajar Deep Learning PP Kelas 7

Perangkat Ajar Deep Learning Informatika Kelas 7

Perangkat Ajar Deep Learning Kelas 7

Perangkat Ajar Deep Learning PJOK Kelas 7

Perangkat Ajar Deep Learning PAIBP Kelas 7

Perangkat Ajar Deep Learning Seni Musik Kelas 7

Perangkat Ajar Deep Learning Kelas 8 SMP/MTs

Perangkat Ajar Deep Learning IPA Kelas 8

Perangkat Ajar Deep Learning IPS Kelas 8

Perangkat Ajar Deep Learning Bahasa Indonesia Kelas 8

Perangkat Ajar Deep Learning Pendidikan Pancasila Kelas 8

Perangkat Ajar Deep Learning Bahasa Inggris Kelas 8

Perangkat Ajar Deep Learning Informatika Kelas 8

Perangkat Ajar Deep Learning Matematika Kelas 8

Perangkat Ajar Deep Learning PAI Kelas 8

Perangkat Ajar Deep Learning Kelas 9 SMP/MTs

Bhs. Indonesia Kelas 9

Bhs. Inggris Kelas 9

Informatika Kelas 9

IPA Kelas 9

Matematika Kelas 9

Pendidikan Pancasila Kelas 9

Prakarya (Budidaya) Kelas 9

Prakarya (Pengolahan) Kelas 9

Prakarya (Kerajinan) Kelas 9

PJOK Kelas 9

PAIBP Kelas 9

Seni Musik Kelas 9

Seni Rupa Kelas 9

Seni Tari Kelas 9

Seni Teater Kelas 9

Perangkat Ajar Deep Learning Kelas 10 SMA/MA

PJOK Kelas 10

Bahasa Indonesia Kelas 10

Pendidikan Pancasila Kelas 10

Matematika Kelas 10

Informatika Kelas 10

Bhs Inggris Kelas 10

IPS Ekonomi Kelas 10

IPS Geografi Kelas 10

IPS Sosiologi Kelas 10

IPS Sejarah Kelas 10

Perangkat Ajar Deep Learning Kelas 11 SMA/MA

Bahasa Indonesia Kelas 11

Pendidikan Pancasila Kelas 11

Bahasa Inggris Kelas 11

Bahasa Inggris Tingkat Lanjut Kelas 11

Matematika Kelas 11

Matematika Tingkat Lanjut Kelas 11

Informatika Kelas 11

IPS Sosiologi Kelas 11

IPS Ekonomi Kelas 11

PJOK Kelas 11

Perangkat Ajar Deep Learning Kelas 12 SMA/MA

Bahasa Indonesia

Pendidikan Pancasila

Bahasa Inggris

Bahasa Inggris Tingkat Lanjut Kelas 12

Matematika Kelas 12

Matematika Tingkat Lanjut Kelas 12

Informatika Kelas 12

IPS Sosiologi Kelas 12

PJOK Kelas 12 

Mohon maaf atas berbagai kekurangan sebagai ucapan terima kasih saya sarankan dukung karya-karya saya melalui chanel telegram yang selalu saya update setiap harinya DISINI

Subscribe to receive free email updates: