Administrasi Guru Bahasa Jawa SMP/MTs Kelas 7-8-9 Kurikulum Merdeka

Administrasi Guru Bahasa Jawa SMP/MTs Kelas 7-8-9 Kurikulum Merdeka

Sebagaimana telah diatur di dalam Keputusan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Nomor 423.5/04678 tentang Pedoman Kurikulum Muatan Lokal Bahasa Jawa Jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah di Provinsi Jawa Tengah bahwa Keberadaan bahasa daerah merupakan salah satu kebanggaan Bangsa Indonesia yang menunjukkan keanekaragaman budayanya.

Administrasi Guru Bahasa Jawa SMP/MTs Kelas 7-8-9 Kurikulum Merdeka
Administrasi Guru Bahasa Jawa SMP/MTs Kelas 7-8-9 Kurikulum Merdeka

Bahasa Jawa merupakan salah satu dari sekian banyak bahasa daerah di Indonesia yang keberadaannya ikut mewarnai keragaman budaya bangsa Indonesia. Penggunaan bahasa Jawa untuk berkomunikasi dengan sesama pengguna Bahasa Jawa adalah salah satu cara untuk melestarikan bahasa Jawa terutama di daerah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat. Meskipun di masing – masing daerah Jawa tersebut bahasa jawanya juga berbeda-beda.

Khusus mata pelajaran muatan lokal Bahasa Jawa (Jawa Tengah) memiliki peran strategis dalam rangka membentuk watak dan kepribadian peserta didik di sekolah. Melalui pembelajaran unggah-ungguh basa, tata krama, memahami dan mengenal kekayaan seni dan budaya tradisi, menjadikan peserta didik semakin bangga terhadap bahasa daerah masing-masing dan kekayaan warisan leluhur yang dimilikinya.

Seperti halnya mata pelajaran lain, maka mata pelajaran Bahasa Jawa mempunyai ciri khas tersendiri. Kurikulum muatan lokal Bahasa Jawa pada Kurikulum Merdeka dikembangkan dengan penyempurnaan pola pikir, baik secara makro (jagad gedhe) dan secara mikro (jagad cilik). 

Mata Pelajaran Bahasa Jawa tergolong pada mata pelajaran Muatan Lokal (MULOK) dan juga mengacu pada kurikulum merdeka yang tentu saja juga mengenal:

  • Capaian Pembelajaran (CP)
  • Modul Ajar
  • Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Penyempurnaan pola pikir secara makro mengacu pada perubahan pola pikir yang mengarah pada hal-hal berikut :

– Pembelajaran berpusat pada peserta didik

– Pembelajaran interaktif

– Pola pembelajaran jejaring

– Pola pembelajaran aktif dengan pendekatan sains

– Pola belajar berbasis tim

– Pola pembelajaran alat tunggal menjadi pembelajaran berbasis alat multimedia

– Pola pembelajaran berbasis kebutuhan peserta didik

– Pola pembelajaran ilmu pengetahuan jamak (multidisciplines)

– Pola pembelajaran pasif menjadi pembelajaran kritis.

Penjelasan di atas hanya merupakan urain penjelasan materi, sehingga bagi yang membutuhkan materi Administrasi Guru Bahasa Jawa SMP/MTs Kelas 7-8-9 Kurikulum Merdeka silakan download pada masing-masing tautan berikut:

Materi Administrasi Pembelajaran Mulok Bahasa jawa (Jawa Tengah) Kelas 7

Materi Administrasi Pembelajaran Mulok Bahasa jawa (Jawa Tengah) Kelas 8

Materi Administrasi Pembelajaran Mulok Bahasa jawa (Jawa Tengah) Kelas 9

Demikian ulasan singkat materi Administrasi Guru Bahasa Jawa SMP/MTs Kelas 7-8-9 Kurikulum Merdeka semoga bermanfaat bagi rekan-rekan pendidik umumnya dan guru mata pelajaran Bahasa Jawa pada khususnya. Mohon maaf atas berbagai kekurangan saya.


Subscribe to receive free email updates: