Buku Kerja Guru Dokumen 1 2 3 4 Revisi Terbaru

Buku Kerja Guru Dokumen 1 2 3 4 Revisi Terbaru

Buku Kerja Guru merupakan komponen yang harus dimiliki guru sebagai bagian kelengkapan pembelajaran Kurikulum 2013. Seiring pemberlakuan Kurikulum 2013, maka guru dituntut untuk menyiapkan kelengkapan mengajar, salah satunya adalah Buku Kerja Guru.

Buku Kerja Guru Dokumen 1 2 3 4 Revisi Terbaru

Guru memerlukan Buku Kerja Guru sebagai panduan dalam melaksanakan tugasnya. Buku Kerja Guru dapat diartikan sebagai buku panduan yang dibuat untuk pedoman kinerja sebagai guru.


Buku Kerja Guru berisi seperangkat berkas yang disusun terkait tugasnya sebagai guru kelas atau guru bidang studi dalam implementasi Kurikulum 2013.


Istilah Buku Kerja Guru secara sederhana disebut juga perangkat administrasi pembelajaran. Buku Kerja Guru memuat instrumen pembelajaran yang disesuikan dengan kurikulum yang berlaku.


Di dalam Buku Kerja Guru berisi perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan tindak lanjut pembelajaran yang dilakukan guru.


Buku Kerja Guru perlu dimiliki oleh guru sebagai ujung tombak pelaksanaan Kurikulum 2013. Penyusunan Buku Kerja Guru ini sebagai tindak lanjut dari revisi terhadap Standar Isi, Buku Guru, dan Buku Siswa yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). .


Dengan dimilikinya Buku Kerja Guru tersebut, maka guru akan memiliki pedoman dalam melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran berdasarkan rencana yang sudah disusun.


Buku Kerja yang perlu disusun oleh Guru berlaku bagi satuan pendidikan pengguna Kurikulum 2013 maupun Kurikulum Merdeka.


Buku Kerja Guru terdiri dari 4 (empat) buku, yang terdiri dari:

1. Buku Kerja 1

2. Buku Kerja 2

3. Buku Kerja 3

4. Buku Kerja 4


Berikut ini penjelasan masing-masing komponen dari  Buku Kerja Guru tersebut


BUKU KERJA GURU 1


1. Analisis Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), dan Kompetensi Dasar (KD)

Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Standar kompetensi lulusan digunakan sebagai pedoman penilaian dalam menentukan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan.

Kompetensi Inti (KI) adalah tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki peserta didik pada setiap tingkat kelas atau program yang menjadi landasan Pengembangan Kompetensi Dasar.

Kompetensi Dasar (KD) adalah kemampuan untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh peserta didik melalui pembelajaran. Kompetensi dasar berisi sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu, sebagai rujukan penyusunan indikator kompetensi dalam suatu pelajaran.


2. Silabus


Silabus merupakan seperangkat rencana serta pengaturan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang disusun secara sistematis yang memuat komponen-komponen yang saling berkaitan untuk mencapai penguasaan kompetensi dasar.

Silabus dapat juga diartikan sebagai penjabaran kompetensi inti dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.


3. Rencana Pelaksanan Pembelajaran (RPP)


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih.

RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya pencapaian Kompetensi Dasar (KD).


4. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)


Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) merupakan kriteria paling rendah untuk menyatakan bahwa peserta didik telah mencapai ketuntasan belajar.

Penetapan KKM dilakukan pada awal tahun pembelajaran berdasarkan hasil musyawarah guru mata pelajaran pada satuan pendidikannya atau beberapa satuan oendidikan yang memiliki karakteristik hampir sama.


BUKU KERJA GURU 2


1. Kode Etik Guru


Kode Etik Guru Indonesia merupakan pedoman sikap dan perilaku bertujuan menempatkan guru sebagai profesi terhormat, mulia, dan bermartabat yang  dilindungi undang-undang.

Kode Etik Guru Indonesia berfungsi sebagai seperangkat prinsip dan norma  moral yang melandasi pelaksanaan tugas dan layanan profesional guru.


2. Ikrar Guru


Ikrar guru berisi janji guru yang bersungguh-sungguh akan melaksanakannya tugas dan kewajibannya. Ikrar membawa konotasi yang berbentuk dedikasi, yaitu melaksanakan janji dengan penuh keberanian dan semangat untuk mencapai tujuan meski harus menghadapi resiko


3. Tata Tertib Guru/Karyawan


Tata tertib guru dibuat dengan tujuan agar menjadi pedoman bagi guru dalam melaksanakan tugas, tanggung jawab, dan kewajibannya selaku pendidik demi tercapai tujuan pendidikan nasional berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Tata tertib ini dibuat dengan mengacu ketentuan-ketentuan yang digariskan oleh Pemerintah Pusat, Kemendikbudristek, serta ketentuan-ketentuan lain yang berlaku.


4. Pembiasaan Guru


Pembiasaan guru berisi penjabaran tentang kegiatan yang sebaiknya dijadikan kebiasaan oleh guru. Secara umum, pembiasaan berkaitan dengan bagaimana sebaiknya seorang guru bersikap. Kegiatan terprogram yang seharusnya menjadi pembiasaan guru, misalnya upacara bendera.


5. Kalender Pendidikan (Kaldik)


Kalender Pendidikan (Kaldik) adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun pembelajaran yang mencakup antara lain permulaan tahun ajaran, minggu efektif belajar, dan juga hari libur.

Kalender Pendidikan menjadi acuan untuk merencanakan seluruh kegiatan pembelajaran pada tahun pelajaran tertentu.


6. Alokasi Waktu


Alokasi waktu adalah jumlah  waktu yang dibutuhkan untuk ketercapaian suatu kompetensi dasar tertentu, dengan memperhatikan minggu efektif per semester, alokasi waktu mata pelajaran per minggu dan jumlah kompetensi per semester.

Dengan adanya jumlah waktu tersebut, maka kegiatan pembelajaran di kelas akan lebih terarah dan tujuan pembelajan dapat tercapai secara efektif.


7. Program Tahunan (Prota)


Program Tahunan (Prota) adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan pembelajaran (Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar) yang ditetapkan.

Prota menjadi program umum untuk setiap mata pelajaran. Prota berisi garis-garis besar yang hendak dicapai dalam satu tahun dan dikembangkan oleh guru yang bersangkutan.


8. Program Semester (Promes)


Program Semester (Promes) merupakan program yang berisi garis-garis besar tentang hal-hal yang akan dicapai dalam satu semester.

Promes berisi rumusan pokok-pokok aktivitas guru dalam melakukan pembelajaran selama satu semester dengan mempertimbangkan alokasi waktu yang tersedia, jumlah Kompetensi Dasar, dan Indikator.


9. Jurnal Agenda Guru


Jurnal agenda guru adalah buku kerja yang berisi catatan aktivitas guru selama pembelajaran berlangsung, baik yang dilakukan di dalam maupun di luar kelas.

Jurnal Agenda Guru menjadi bukti bahwa guru telah melaksanakan pembelajaran sesuai jadwal pembagian tugas yang disepakati bersama.


BUKU KERJA GURU 3


1. Daftar Hadir Siswa


Daftar hadir siswa berisi daftar nama siswa dan keterangan kehadiran di kelas yang menyatakan Hadir, Ijin, Sakit, tidak hadir Tanpa Keterangan.


2. Daftar Nilai Siswa


Daftar nilai siswa berisi hasil tiap-tiap elemen penilaian per siswa yang dilaksanakan dalam penilaian harian, Penilaian Tengah Semester, maupun Penilaian Akhir Semester.


3. Penilaian Sikap dan Spiritual, Pengetahuan dan Ketrampilan


Penilaian tersebut berisi penilaian menggunakan deskripsi kata-kata. Penilaian ditulis dalam suatu jurnal yang berisi Catatan Perilaku, Butir Sikap, dan juga Tindak Lanjut yang diperlukan.


4. Analisis Hasil Penilaian


Analisis hasil penilaian berupa analisis penilaian terhadap seluruh nilai. Berdasarkan analisis tersebut, akan didapatkan nilai kumulatif dan status ketuntasan belajar peserta didik.


5. Program Remidial dan Pengayaan


Remedial merupakan program pembelajaran yang diperuntukkan bagi peserta didik yang belum mencapai KKM dalam satu KD tertentu.

Sedangkan pengayaan adalah program pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik yang telah melampaui KKM. Fokus pengayaan adalah pendalaman dan perluasan dari kompetensi yang dipelajari.


6. Daftar Buku Pegangan Guru dan Siswa


Buku pegangan guru berisi seluruh teks book yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran.


7. Jadwal Mengajar Guru


Jadwal mengajar guru berisi jadwal mengajar atau jadwal pelajaran masing-masing guru dalam satu minggu.


8. Daya Serap Siswa


Daya serap guru berisi indikator daya serap dan cara meningkatkan daya serap siswa.


9. Kumpulan Kisi-kisi


Kumpulan kisi-kisi berupa tabel yang menjelaskan kaitan antara KD, Indikator, bentuk soal, dan nomor soal.


10. Kumpulan Soal (Bank Soal)


Kumpulan soal berisi sejumlah kumpulan soal untuk tiap-tiap kegiatan evaluasi/penilaian.


11. Analisis Butir Soal


Analisis butir soal berbentuk analisis terhadap kemampuan siswa menjawab tiap-tiap butir soal. Tiap soal biasanya terbagi dalam beberapa level kesukaran, terutama soal uraian, sedangkan pada soal pilihan ganda terdapat jawaban pengecoh.


12. Perbaikan atau Pengayaan (Perpeng)


Perbaikan dan pengayaan merupakan kegiatan di akhir evaluasi yang dipergunakan untuk memperbaiki nilai capaian kompetensi di bawah KKM, sehingga soal digunakan untuk mengubah soal-soal yang tidak efektif berdasarkan hasil analisis butir soal


Buku Kerja 4


Pada buku Kerja yang nomor 4 ini merupakan buku yang wajib pula dimiliki, serta dikerjakan oleh seorang guru sebagai tenaga pendidik, yang di antaranya memuat:

1. Daftar Evaluasi Diri Kerja Guru

Daftar evaluasi diri atau yang tidak asing kita sebut dengan EVADIR adalah sebuah buku kerja guru berkaitan dengan catatan evaluasi kompetensi yang dimiliki oleh seorang guru.


2. Program Tindak Lanjut Kerja Guru

Program tindak lanjut kerja guru berisi tabel yang dipergunakan untuk mencatat pengembangan keprofesian yang dilaksanakan oleh guru.


Lebih jelasnya materi langsung dapat didownload pada masing-masing link tautan berikut ini:

Buku Kerja Guru Dokumen 1 2 3 4 Revisi Terbaru Versi 1 Unduh

Buku Kerja Guru Dokumen 1 2 3 4 Revisi Terbaru Versi 2 Unduh

Demikian ulasan singkat materi Buku Kerja Guru Dokumen 1 2 3 4 Revisi Terbaru semoga dapat menambah referensi bagi pengguna, mohon maaf atas segala kekurangan. Apabila bermanfaat silakan dibagikan link download kepada rekan-rekan atau melalui media sosial yang tepat.


Subscribe to receive free email updates: