Observasi KS dan Guru di PMM Juli-Desember
Observasi KS dan Guru di PMM Juli-Desember
Pemantauan kinerja ekinerja kepala sekolah di Platform Merdeka Mengajar (PMM) merupakan proses evaluasi yang sistematis terhadap capaian dan kinerja kepala sekolah dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.
Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa kepala sekolah mampu menjalankan peran sebagai pemimpin pembelajaran yang efektif dan berkontribusi pada peningkatan mutu pendidikan di sekolahnya.
Unsur-unsur yang Dimonitoring
Pemantauan kinerja ekinerja kepala sekolah di PMM umumnya mencakup beberapa aspek penting, antara lain:
Perencanaan Kinerja
Apakah kepala sekolah telah menyusun rencana kinerja yang jelas dan realistis?
Apakah rencana kinerja tersebut sesuai dengan visi dan misi sekolah serta kebijakan pendidikan?
Pelaksanaan Kinerja
Apakah kepala sekolah telah melaksanakan kegiatan-kegiatan yang telah direncanakan?
Apakah pelaksanaan kegiatan tersebut sesuai dengan jadwal yang ditetapkan?
Apakah terdapat kendala atau hambatan dalam pelaksanaan kegiatan?
Pencapaian Hasil
Apakah kepala sekolah telah mencapai target-target yang telah ditetapkan dalam rencana kinerja?
Apakah hasil yang dicapai memberikan kontribusi positif bagi peningkatan mutu pendidikan di sekolah?
Pengembangan Diri
Apakah kepala sekolah aktif mengikuti kegiatan pengembangan diri untuk meningkatkan kompetensinya?
Apakah kepala sekolah mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari kegiatan pengembangan diri dalam pekerjaannya?
Praktik Baik
Apakah kepala sekolah telah menerapkan praktik-praktik baik dalam kepemimpinan sekolah?
Apakah kepala sekolah mampu menginspirasi dan memotivasi guru dan staf sekolah untuk mencapai hasil yang optimal?
Mekanisme Pemantauan
Pemantauan kinerja ekinerja kepala sekolah di PMM umumnya dilakukan melalui beberapa mekanisme, antara lain:
- Self-assessment: Kepala sekolah melakukan penilaian diri terhadap kinerja mereka sendiri berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan.
- Peer assessment: Rekan sejawat kepala sekolah melakukan penilaian terhadap kinerja kepala sekolah.
- Penilaian atasan: Atasan langsung kepala sekolah (misalnya pengawas sekolah) melakukan penilaian terhadap kinerja kepala sekolah.
- Pengumpulan data: Data kinerja kepala sekolah dikumpulkan dari berbagai sumber, seperti laporan kegiatan, hasil survei, dan observasi langsung.
- Analisis data: Data yang terkumpul dianalisis untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, dan area yang perlu ditingkatkan.
- Pemberian umpan balik: Hasil penilaian disampaikan kepada kepala sekolah dalam bentuk umpan balik yang konstruktif.
Dengan memberikan umpan balik yang efektif, Anda dapat menjadi pemimpin yang lebih baik dan berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan di sekolah.
Isian pelaksanaan observasi Kepala Sekolah
Bagian 1: Pelaksanaan Observasi
- Pemantauan Kinerja: Isi Dokumen Persiapan
- Pemantauan Kinerja: Pelaksanaan Observasi oleh atasan
- Pembinaan Kinerja: Isi Dokumen Tindak Lanjut
Bagian 2: Pelaksanaan Tindak Lanjut
- Pembinaan Kinerja: Pelaksanaan Tindak Lanjut
- Pembinaan Kinerja: Isi Dokumen Refleksi Tindak lanjut
Isian pelaksanaan observasi untuk guru
Bagian 1: Pelaksanaan Observasi
Bagian ke 1 dari kegiatan pelaksanaan observasi yang perlu dikerjakan oleh guru meliputi:
- Pemantauan Kinerja: Isi Dokumen Persiapan
- Pemantauan Kinerja: Pelaksanaan Observasi oleh atasan
- Pembinaan Kinerja: Isi dokumen tindak lanjut
Bagian 2: Pelaksanaan Tindak Lanjut
Bagian ke 2 dari kegiatan pelaksanaan observasi yang perlu dikerjakan oleh guru meliputi:
- Pembinaan Kinerja: Pelaksanaan Tindak Lanjut
- Pembinaan Kinerja: Isi Dokumen Refleksi Tindak lanjut
Dokumen selengkapnya Observasi KS dan Guru di PMM Juli-Desember di bawah ini:
Observasi Guru di PMM Juli-Desember
Observasi KS di PMM Juli-Desember
Demikian ulasan singkat materi Observasi KS dan Guru di PMM Juli-Desember semoga bermanfaat.