ATP Matematika SD/MI Fase A B C

ATP Matematika SD/MI Fase A B C

Alur pembelajaran adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang disusun secara logis menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase. Alur ini disusun secara linier sebagaimana urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari untuk mengukur Capaian Pembelajaran (CP).Sebenarnya Alur Pembelajaran itu adalah seperti halnya kita menyusun RPP, namun dilengkapi dengan berbagai materi pembelajaran, lembar aktivitas siswa, dan asesmen untuk mengecek apakah tujuan pembelajaran dicapai siswa.

ATP Matematika SD/MI Fase A B C


ATP disusun secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu yang menjadi prasyarat menuju keberhasilan capaian belajar. tujuan pembelajaran pada dasarnya dibuat untuk memudahkan guru dalam mencapai keberhasilan dari materi yang akan dicapai./guru lebih terarah dalam mengajar.


Secara umum, ada dua langkah besar dalam penyusunan perangkat ajar untuk suatu mata pelajaran, yaitu :

  1. Capaian Pembelajaran (ditetapkan oleh pemerintah dan disusun dalam fase-fase)
  2. Penyusunan Alur dan Tujuan Pembelajaran
  3. Pengembangan Modul Ajar


Pada intinya, fungsi alur tujuan pembelajaran ini sama dengan silabus. Silabus digunakan sebagai acuan dalam perencanaan pembelajaran (RPP).


Alur Tujuan Pembelajaran disusun sebagai panduan atau rangkaian tujuan pembelajaran bagi guru dan siswa sejak awal hingga akhir setiap fase dari suatu Capaian Pembelajaran (CP).


Alur ini menjadi panduan guru dan siswa untuk melaksanakan capaian pembelajaran di akhir fase tersebut. Tujuan pembelajaran disusun secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu.


Pada saat guru menyusun alur tujuan pembelajaran, guru berhak untuk menyusun alur pembelajaran masing-masing yang terdiri dari rangkaian tujuan pembelajaran.


Konsep Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)


Capaian Pembelajaran (CP) adalah kompetensi yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa di akhir fase. CP terdiri dari 6 fase (A-F) atau tahapan yang meliputi seluruh jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD, SMP, SMA). Fase tersebut adalah :

• Fase A (kelas 1–2)

• Fase B (kelas 3–4)

• Fase C (kelas 5-6)

• Fase D (kelas 7-9)

• Fase E (kelas 10)

• Fase F (kelas 11–12)


Alur Pembelajaran disusun untuk menjadi rangkaian tujuan pembelajaran sejak awal hingga akhir setiap fase dari suatu Capaian Pembelajaran.

  1. Alur ini menjadi panduan guru dan siswa untuk mencapai CP di akhir fase tersebut.
  2. Tujuan pembelajaran disusun secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu.

Secara lengkap berkaitan dengan ATP Matematika SD/MI Fase A B C berikut di bawah ini tautan downloadnya

Final ATP_MAT_Meilani Hartono_SD_C.pdf 
ATP Matematika Kelas 1 SD-MI Fase A

Demikian ulasan singkat materi ATP Matematika SD/MI Fase A B C semoga bermanfaat.

Download juga:

ATP PPKn SD/MI Fase A B C

ATP Pendidikan Agama SD/MI Fase A B C

ATP Bahasa Indonesia SD/MI Fase A B C

Catatan Penting bagi kita semuanya!

  • Guru berhak untuk menyusun alur pembelajaran masing-masing, yang terdiri dari rangkaian tujuan pembelajaran.
  • Pemerintah menyediakan beberapa set alur untuk digunakan sebagai contoh pengembangan kurikulum yang siap digunakan satuan pendidikan, dan panduan untuk penyusunan perangkat ajar.

Subscribe to receive free email updates: