Download RPPH Kelompok Belajar Usia 3-4 Tahun Semester 1 Minggu 9-16

RPPH Kelompok Belajar Usia 3-4 Tahun Semester 1 Minggu 9-16

RPPH Kelompok Belajar Usia 3-4 Tahun Semester 1 Minggu 9-16 - Perencanaan mingguan juga merupakan rencana kegiatan yang disusun untuk pembelajaran selama satu minggu dan bentuknya dapat berupa jaringan tema (web).
Download RPPH Kelompok Belajar Usia 3-4 Tahun Semester 1 Minggu 9-16
Download RPPH Kelompok Belajar Usia 3-4 Tahun Semester 1 Minggu 9-16 
Jaringan tema berisi proyek-proyek yang nantinya dikembangkan menjadi kegiatan-kegiatan pembelajaran. Pada akhir satu atau beberapa tema dapat dilaksanakan kegiatan pada puncak tema yang merupakan prestasi peserta didik. Dan puncak tema ini dapat berupa kegiatan misalnya membuat kue/makanan, makan secara bersama-sama, pameran hasil karya anak, pertunjukan, panen tanaman dan atau mengadakan sebuah kunjungan/rekreasi sederhana.

Sedangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) adalah unit perencanaan terkecil yang disusun untuk dipergunakan dalam memandu/panduan kegiatan dalam kegiatan satu hari.

RPPH disusun berdasarkan RPP Mingguan (RPPM) yang berisikan kegiatan-kegiatan yang dipilih dari indikator yang direncanakan untuk satu hari sesuai dengan tema dan subtema.

Penulisan RPPH juga disesuaikan dengan model atau pendekatan pembelajaran bermain yang telah ditentukan serta disesuaikan dengan jenis kegiatan atau metode pada saat pembuatan rencana kegiatan mingguan.

Dalam menyusun RPPH memuat identitas lembaga, tema/subtema, kelompok usia, alokasi waktu, kegiatan pembelajaran (pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup), indikator pencapaian, perkembangan, media, dan sumber belajar.

Tata cara penyusunan RPPH

  1. Memilih beberapa kegiatan yang terdapat pada RPPM
  2. Menentukan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan lembaganya
  3. Kegiatan harian berisi (pembukaan, inti, dan penutup)
  4. Kegiatan harian disesuaikan kondisi dan potensi yang dimiliki lembaga
  5. Dapat disusun melalui perorangan maupun kelompok
Kegiatan yang berupa rutinitas dapat dijadikan Standar Operasional Prosedur (SOP) jika Kompetensi Dasar atau muatan pembelajaran belum didapatkan oleh anak pada tema yang dirancang, maka Kompetensi Dasar tersebut dapat diteruskan dan dikembangkan pada tema yang lain dengan bentuk kegiatan yang berbeda.

Sebenarnya dan pada hakekatnya anak pada usia 3-4 tahun dalam hubungan pertemanan anak sudah mulai meningkat, karena berkembangnya aspek sosiologi pada anak. Dan anak mulai mengenal mana yang benar/tidak benar, mengenal berbohong dan mengapa tidak boleh berbohong. Serta perkembangan moralitas ini menjadikan anak anak dapat bermain bersama dengan teman-temannya (bermain kooperatif).
Sedangkan apabila ditinjau dari penetapan indikator dalam RPPH harus bertahap dan berkelanjutan dengan dimulai dari indikator yang paling sederhana, kongkret menuju yang lebih rumit. Jumlah indikator yang ditetapkan pun harus pula dibatasi sesuai dengan kemampuan.

RPPH Kelompok Belajar Usia 3-4 Tahun Semester 1 Minggu 09 Link Download
RPPH Kelompok Belajar Usia 3-4 Tahun Semester 1 Minggu 10 Link Download
RPPH Kelompok Belajar Usia 3-4 Tahun Semester 1 Minggu 11 Link Download
RPPH Kelompok Belajar Usia 3-4 Tahun Semester 1 Minggu 12 Link Download
RPPH Kelompok Belajar Usia 3-4 Tahun Semester 1 Minggu 13 Link Download
RPPH Kelompok Belajar Usia 3-4 Tahun Semester 1 Minggu 14 Link Download
RPPH Kelompok Belajar Usia 3-4 Tahun Semester 1 Minggu 15 Link Download
RPPH Kelompok Belajar Usia 3-4 Tahun Semester 1 Minggu 16 Link Download

Dan yang tidak kalah pentingnya adalah tujuan harus jelas dan dapat dilaksanakan, artinya dalam menyusun RPPH setelah disusun dan dilaksanakan juga sesuai dengan susunan perencanaan tersebut.

Demikian informasi materi tentang  RPPH Kelompok Belajar Usia 3-4 Tahun Semester 1 Minggu 9-16  semoga ada manfaatnya. Terima Kasih

Subscribe to receive free email updates: