[Excel] SK PBM Tahun Pelajaran 2019/2020 Yang Telah Sesuai Permendikbud No 22 Tahun 2016

[Excel] SK PBM Tahun Pelajaran 2019/2020 Yang Telah Sesuai Permendikbud No 22 Tahun 2016

[Excel] SK PBM Tahun Pelajaran 2019/2020 Yang Telah Sesuai Permendikbud No 22 Tahun 2016 - Seperti biasa rutinitas pendidikan pada awal tahun pelajaran akan disibukkan dengan mempersiapkan segala administrasi penunjang pembelajaran. Administrasi ini dipersiapkan sebagai bukti fisik legalitas dalam setiap proses belajar mengajar di lembaga sekolah. Salah satu administrasi yang harus dipersiapkan adalah SK PBM (Surat Keputusan Pembagian Beban Mengajar).
Surat Keputusan (SK) PBM digunakan untuk proses belajar mengajar sebagai inti dari kegiatan penyelenggaraan pendidikan pada setiap satuan pendidikan. Dalam SKPBM ini memuat berbagai hal untuk mengatur beban jam mengajar sekaligus juga tugas tambahan dari setiap tenaga pendidik. 

Setiap tenaga pendidik harus tunduk dan patuh pada Surat Keputusan PBM yang telah di  susun oleh Kepala Satuan Pendidikan dan ditetapkan oleh kepala sekolah pula tersebut dan telah disepakati melalui rapat awal tahun pelajaran. Namun, tidak menutup kemungkinan Surat Keputusan PBM  akan mengalami revisi jika memang diperlukan.

Surat Keputusan PBM dibuat untuk menetapkan tugas dari setiap tenaga pendidik di lingkungan sekolah agar dapat mengetahui tupoksinya masing-masing. Dengan adanya Surat Keputusan PBM ini dapat menjamin kelancaran dari proses penyelenggaraan belajar mengajar sehingga perlu di tetapkan sebagai pedoman pelaksanaan pembelajaran selama 1 tahun pelajaran kedepan atau bahkan dapat juga disusun pada setiap semester ganjil dan genap.

Kepala sekolah selaku pimpinan perlu segera melaksanakan musyawarah dewan guru untuk menyusun SK Pembagian Tugas Mengajar sebagai dasar pelaksanaan kegiatan belajar mengajar bagi guru kelas dan guru mata pelajaran.

Surat Keputusan Pembagian Tugas Mengajar adalah Surat Keputusan yang ditetapkan oleh Kepala Sekolah guna memperlancar pelaksanaan proses belajar mengajar di sekolah. Pembagian tugas mengajar ini harus ditetapkan melalui musyawarah mufakat dewan guru dan kepala sekolah.
Download juga: Aplikasi KKM K13
Surat Keputusan Pembagian Tugas Mengajar memuat tugas mengajar guru beserta jumlah jam mengajar tiap kelas dan mata pelajaran yang diajar. Di samping itu, Surat Keputusan Pembagian Tugas Mengajar juga memuat jadwal pelajaran tiap kelas selama satu minggu dan jumlah murid yang diajar dalam setiap rombelnya.

Dalam SK Pembagian Tugas Mengajar juga sebaiknya dicantumkan struktur dan muatan kurikulum yang menunjukkan jumlah alokasi jam pembelajaran tiap minggu serta rincian jumlah jam masing-masing guru.

Selengkapnya langsung saja download SK PBM sesuai dengan Permendikbud RI Nomor 22 Tahun 2016 di bawah ini:
Download File: SK PBM Tahun Pelajaran 2019-2020.xlsx
Demikian ulasan singkat materi SK PBM Tahun Pelajaran 2019/2020 Yang Telah Sesuai Permendikbud No 22 Tahun 2016 semoga bermanfaat, dan mohon maaf atas segala kekurangan.

Subscribe to receive free email updates: