Cetak Rapot K-13 PAUD/TK/RA/TPA

Cetak Rapot K-13 PAUD/TK/RA/TPA

Aplikasi raport Format Baru dan otomatis ini diranvang sesuai dengan standar PAUD Permendikbud 137 tahun 2014. Pengertian Raport PAUD TK RA adalah capaian perkembangan anak didik sesuai dengan aspek-aspek penilaian yang tertuang dalam standar PAUD TK RA. 

Perlu dipahami bahwa penilaian di PAUD TK RA lebih menekankan untuk mendeskripsikan ketercapaian perkembangan anak yang mencakup perkembangan nilai-nilai agama dan moral, fisik , kognitif, bahasa, dan sosial emosional. Oleh karena itu kata yang lebih tepat pada penilaian anak usia dini adalah ASESMEN.
Cetak Rapot K-13 PAUD/TK/RA/TPA


Asesmen adalah suatu proses pengamatan, pencatatan, dan pendokumentasian kinerja dan karya siswa serta bagaimana proses ia menghasilkan karya tersebut (Grace dan Shore, 1991; Kurnano, 2002). Asesmen tidak digunakan untuk mengukur keberhasilan suatu program, tetapi untuk mengetahui perkembangan atau kemajuan belajar anak. 

Selanjutnya untuk memudahkan pengisian, maka aspek-aspek penilaian pada raport PAUD TK RA diusahakan sama dengan aspek-aspek yang tertuang dalam Standar Kompetensi yang telah ditetapkan.

Saat ini sudah ada format baru raport PAUD TK RA yang telah mengakomodir tingkat perkembangan anak sebagaimana yang tertuang dalam Permendikbud No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD, yang mencakup aspek perkembangan nilai-nilai agama dan moral, fisik , kognitif, bahasa, dan sosial emosional .

Berbeda dengan bentuk raport PAUD TK RA terdahulu, pada raport paud v1 model baru ini pendidik dapat memberikan tanda checklist (√) pada hasil penilaian perkembangan dengan tiga opsi pilihan  Baik, Cukup, dan Perlu Dilatih.

Subscribe to receive free email updates: