Silabus PAIBP MI Kurikulum 2013 Kelas 1,2,3,4,5,6 Revisi

Silabus PAIBP MI Kurikulum 2013 Kelas 1,2,3,4,5,6 Revisi

Silabus PAIBP MI Kurikulum 2013 Kelas 1,2,3,4,5,6 Revisi - Silabus merupakan pedoman bagi guru dalam melaksanakan Proses pembelajaran baik di kelas, laboratorium, dan/atau lapangan pada setiap Kompetensi Dasar. Oleh karena itu, apa yang tertuang di dalam silabus memuat hal-hal yang langsung berkait dengan aktivitas pembelajaran dalam upaya pencapaian penguasaan suatu Kompetensi Dasar.
Silabus PAIBP MI Kurikulum 2013 Kelas 1,2,3,4,5,6 Revisi
Silabus PAIBP MI Kurikulum 2013 Kelas 1,2,3,4,5,6 Revisi
Silabus Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIPB) dan Bahasa Arab telah disusun oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan sebagai acuan dalam menyusun perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan di sekolah/Madrasah. Namun demikian, bagi guru yang ingin menyusun sendiri pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIPB) dan Bahasa Arab, Pusat Kurikulum dan Perbukuan juga telah menyusun Silabus Per Mata Pelajaran pada SD/MI agar dapat digunakan oleh guru sebagai acuan dalam penyusunan.

Dalam dunia pendidikan khususnya sebagai guru/pendidik, tentu istilah Silabus sudah tidak asing lagi, akan tetapi bagi Rekan-rekan yang kebetulan baru menjadi guru maka pemahaman akan arti silabus sebagai salah satu perangkat pembelajaran tentu saja penting untuk dipahami agar efektifitas dalam pembelajaran itu dapat dicapai dengan baik.

Silabus dalam pembelajaran adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar.

Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Silabus merupakan seperangkat rencana dan pengaturan tentang kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, dan penilaian hasil belajar.

Silabus berisikan komponen pokok yang dapat menjawab pertanyaan berikut :

1.Kompetensi yang akan ditanamkan kepada peserta didik melalui suatu kegiatan pembelajaran
2.Kegiatan yang harus dilakukan untuk menanamkan / membentuk kompetensi tersebut
3.Upaya yang harus dilakukan untuk mengetahui bahwa kompetensi tersebut sudah dimiliki peserta didik

Silabus bermanfaat sebagai pedoman sumber pokok dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, mulai dari pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran, dan pengembangan sistem penilaian.

Sebagai tambahan referensi guna membantu para guru dalam Silabus disini kami sediakan beberapa contoh format Silabus yang bisa didownload secara gratis untuk tingkat MI. Mudah-mudahan dapat membantu bapak dan ibu guru dalam menyusun Silabus khususnya Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIPB) dan Bahasa Arab, yang telah terbagi menjadi beberapa sub mata pelajaran seperti pada menu download berikut ini:
  1. Silabus PAIBP MI Kurikulum 2013 Kelas 1 Revisi Link download
  2. Silabus PAIBP MI Kurikulum 2013 Kelas 2 Revisi Link download
  3. Silabus PAIBP MI Kurikulum 2013 Kelas 3 Revisi Link download
  4. Silabus PAIBP MI Kurikulum 2013 Kelas 4 Revisi Link download
  5. Silabus PAIBP MI Kurikulum 2013 Kelas 5 Revisi Link download
  6. Silabus PAIBP MI Kurikulum 2013 Kelas 6 Revisi Link download

Demikian semoga materi Silabus PAIBP MI Kurikulum 2013 Kelas 1,2,3,4,5,6 Revisi dapat dipergunakan untuk melengkapi administrasi pembelajaran di masing-masing sekolah/madrasah. Kurang dan lebihnya mohon maaf.



Subscribe to receive free email updates: